Laman

Rabu, 24 Agustus 2011

Dobos Torte


8 telur, pisahkan

100 g coklat pahit, cairkan

1 cangkir gula caster

250 g mentega tawar

1 1/2 cangkir terigu




Isi

Toffee

1 1/2 cangkir gula caster

1 Cangkir gula caster

1/2 cangkir air

1/2 cangkir air

5 kuning telur

125 g irisan almond,panggang

1/4 cangkir kakao




















  1. Panaskan oven pada suhu 18o˚ C. Lapisi 6 baki panggang dengan kertas minyak dan gambar lingkaran 23 cm di atas setiap kertas. Kocok kuning telur dan setengah bagian gula dengan mixer selama 20 menit sehingga kental dan pucat. Kocok putih telur sampai kaku. Secara bertahap tambahkan sisa gula, kocok hingga kental dan gula larut. Ayak tepung terigu ke dalam kocokan kuning telur. Aduk rata dengan sendok logam. Kemudian masukkan putih telurnya. Tebarkan adonan diatas loyang. Panggang 6-9 menit hingga keemasan dan membal bila ditekan. Balikkan ke atas rak kawat, lalu rapikan pinggirnya.

  2. Membuat isi:
    Masukkan gula dan air di panci sedang. Aduk hingga gula larut. Didihkan, kecilkan api, dan didihkan lembut 10-15 menit sampai sirup dapat dibentuk seperti bola. Kocok kuning telur dengan mixer. Tuang sirup perlahan-lahan ke dalam telur sambil dikocok hingga kental. Tambahkan cacao, coklat cair, kocok hingga rata. Kocok mentega hingga ringan; perlahan-lahan tambah telur, kocok rata.

  3. Membuat Toffee:
    Letakkan gula dan air di panci, aduk dengan panas rendah hingga larut. Didihkan gula dan air tanpa diaduk 5-10 menit sampai terbentuk sirup kuning keemasan. Tuang di atas satu cake. Ratakan karamel dengan cepat; iris menjadi 12 potong saat lunak dengan pisau panas berminyak.

  4. Penyajian :
    Oleskan isi cokelat di atas sisa cake lain, sisakan untuk menutup sisinya. Susun seperti sandwich. Lapisan karamel di bagian paling atas. Olesi seluruh sisinya dengan isi coklat, lalu tekan almond panggang di sisi cake.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar